Langsung ke konten utama

Isti'arah Murosyahah, Mujarodah, dan Muthlaqah

Makalah Balaghoh tentang isti’arah Murasyahah, isti’arah Mujarrodah, isti’arah Muthlaqoh
Dosen        :  Ubaidillah M.Pd.I



Disusun Oleh:

Nurul Laela Zahra        : 32-17- 047
Nurul Rizqi                  : 32- 15-021
Nisa Pundi Lestari       : 32-15-002









Fakultas Agama Islam
UNIVERSITAS ISLAM JAKARTA
2017 M / 1439 H







BAB I
PENDAHULUAN

A.     Kata Pengantar
Al qur’an merupakan mukjizat terbesar bagi nabi Muhammad SAW kemukjizatannya terkandung pada aspek bahasa dan isinya. Dari aspek bahasa, al Qur’an mempunyai tingkat fashohah dan balaghah yang tinggi. Sedangkan dari aspek isi, pesan dan kandungan maknanya melampaui batas-batas kemampuan manusia. Ketika al Qur’an muncul banyak di dalamnya terkandung hal-hal yang tidak bisa ditangkap oleh orang-orang pada zamannya, akan tetapi kebenarannya baru bisa dibuktikan oleh orang-orang pada abad modern sekarang ini.
Adanya kemunduran-kemunduran pada bahasanya, membuat orang-orang Arab merasa prihatin dan mulailah mereka berfikir untuk mengembalikan bahasa arab pada kemurniannya. Mereka kemudian mulai menyusun ilmu nahwu, sharaf dan balaghah.
Para pakar Bahasa arab mulai menyusun ilmu balaghah yang mencakup ilmu bayan, ma’ani dan badi’. Ilmu-ilmu ini disusun untuk menjelaskan keistimewaan dan keindahan susunan bahasa Al Qur’an dan segi kemukjizatannya. Ilmu itu disusun setelah muncul dan berkembangnya ilmu nahwu dan sharaf.  

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian Isti’arah Murasyahah, Isti’arah Mujarradah, dan Isti’arah Muthlaqoh?
2.      Berikan 5 contoh isti’aroh murasyahah, mujarrodah dan muthlaqoh?

C. Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui isti’arah Murasyahah, isti’arah Mujarrodah, isti’arah Muthlaqoh
2.      Untuk mengetahui contoh lain dari isti’aroh murasyahah, isti’aroh mujarrodah dan isti’aroh muthlaqoh









BAB II
PEMBAHASAN


Pengertian dan contoh isti’arah murasyahah, isti’arah mujarradah, dan isti’arah muthlaqoh

Majaz Isti’arah ditinjau dari segi pernyataan tambahan yang menyertainya, isti’arah terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1.    الإستعارة المرشحة
هي الإستعارة التي قرنت بملائم المستعار منه أى المشبه به                                 
Isti’arah Murasyahah yaitu isti’arah yang disertai lafadz yang sesuai dengan musyabbah bihnya / musta’ar minhu[1]. Isti’arah murasyahah yaitu suatu ungkapan majaz yang diikuti oleh kata-kata yang cocok untuk musyabbah bih. Contoh dalam firman Allah SWT dalam Q.S. Al Baqarah ayat 16:
ألئك الّذين اشتروا الضلالة بالهدى فما ربحت تجارتهم وما كانوا مهتدون                              
Artinya: Mereka itu orang-orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk, maka tidaklah beruntung dagangan mereka. ( Q. S. Al Baqarah: 16).[2]

Penggunaan kata اشتروا  (membeli) pada ayat di atas, merupakan bentuk isti’arah (pinjaman) yang kata tersebut berposisi sebagai musta’ar minhu (kata yang dipinjami) / musyabbah bih (yang diserupai) untuk kata استبدلوا  yang berarti ‘menukar” berposisi sebagai musta’ar lahu (kata yang dipinjamkan) /musyabbah (yang diserupakan) yang disertai/diikuti oleh lafadz yang cocok/sesuai dengan musyabbah bih/ musta’ar minhu, yaitu  ربحت تجارتهم فما yang berarti “tidak beruntung dagangannya.” Contoh di atas termasuk kategori isti’arah murasyahah,
karena pada contoh itu ada pernyataan tambahan yang menyertainya yang cocok/sesuai dengan musyabbah bih/ musta’ar minhu nya.[3]
Contoh lain Isti’aroh Murasyahah :
خُلُقُ فُلاَنٍ أَرَقُّ مِنْ أنفَاسِ الصَّبَاءِ إذا غَازَلَت أزهَارَ الرُّبَا
“Akhlak Fulan itu lebih lembut dari pada napas angin timur ketika bercanda dengan bunga-bunga dataran tinggi”
           
Pada bait ini, isti’aroh makniyyah terdapat pada kata ‘ash-shobaa’ (angin yang berhembus dari timur), karena angin diserupakan dengan manusia (dibuang musyabbahbih      nya dan diganti dengan kata yang menunjukkan sifat khasnya, yaitu anfaas). Anfaas menjadi karinah makniyyah. Sedang isti’aroh murasyahah terdapat pada kata ghaazalat.

2.    الإستعارة المجردة
هي التي قرنت بملائم المستعار له أى المشبه                                                    
Isti’arah Mujarradah, yaitu isti’arah yang disertai lafadz yang sesuai dengan musyabah atau musta’ar lahu. Contoh:
يؤدون التحية من بعيد # إلى قمر من الإيوان باد                                      
Artinya : "mereka memberi penghormatan dari tempat yang jauh kepada bulan yang muncul dari singgasana".

             Penggunaan kata (قمر) yang berarti “bulan” pada contoh diatas , merupakan bentuk isti’arah (pinjaman) yang kata tersebut berposisi sebagai musta’ar minhu (kata yang dipinjami) atau musyabbah bih ( yang diserupai) untuk kata (امرأة جميلة) yang berarti ”perempuan cantik”, berposisi sebagi musta’ar lahu (kata yang dipinjamkan) atau musyabbah (yang diserupakan ) yang disertai atau diukuti oleh lafadz yang cocok atau sesuai dengan musyabbah atau musta’ar lahu, yaitu (من الإيوان باد) yang berati “muncul dari singgasana “.  Contoh diatas termasuk kategori isti’arah mujarradah, karena padacontoh itu ada pernyataan tambahan yang menyertainya yang cocok atau sesuai dengan musyabbah atau musta’ar lahunya.[4][4]
Contoh lain isti’aroh mujarrodah :
كَانَ فُلاَنٌ أَكتَبَ النَّاسَ إذَا شَرِبَ قَلَمُهُ مِن دَوَاتِهِ أو غَنَّى فَوقَ قِرطَاسِهِ
“Fulan adalah orang yang paling hebat tulisannya, ketika penanya minum tinta dan menari di atas kertasnya”

Pada bait ini, terdapat isti’aroh mujarrodah, yakni terdapat kata-kata yang relevan     dengan musyabbah, yaitu kata ‘dawaatihi’ dan ‘qirthasihi’. Karinahnya qalam (minum dan menari).

3.      الاستعارة المطلقة
الإستعارة المطلقة هي التى لا يذكر فيها ملائم المشبه ولا ملائم المشبه به أو يذكر ملائمها معا

Isti’arah muthlaqoh yaitu yang tidak disertai lafadz yang sesuai dengan (musabbah bih/musta’arminhu dan musabbah/musta’arlahu ) ataupun disertai lafadz  yang sesuai dengan keduanya.[5]
Contoh isti’arah yang tidak disertai lafadz  yang sesuai dengan (musabbah bih /musta’arminhu dan musabbah/musta’arlahu ) pada surah al-haqqoh ayat 11
إنما لما طغي الماء حملناكم في الجارية           
Contoh isti’arah yang disertai lafadz  yang sesuai dengan keduanya:
في الخد إن عزم الخليط رحيلا # مطر تزيد به الخدود محول




BAB III
PENUTUP


Majaz Isti’arah ditinjau dari segi pernyataan tambahan yang menyertainya, isti’arah terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1.      Isti’aroh Murasyahah
2.      Isti’aroh Mujarrodah
3.      Isti’aroh Muthlaqoh















[1][1] Maman Dzul Iman, Buku Pintar Untuk Memahami Balaghah, Yogyakarta: Deeppublish, 2016, hal: 127
[2][2] Mamat Zaenudin & Yayan Nurbayan, pengantar ilmu balagoh, Bandung : refika aditama, 20071,  hal : 37


[3][3] Ibid, hal 127
[4][4] Maman Dzul Iman, Buku Pintar Untuk Memahami Balaghah, Yogyakarta: Deeppublish, 2016, hal: 128
[5][5] .(kulliyatul mualliminal islamiyah, albalagoh fi ilmibayan ,ponorogo: Darussalam pres, hal 90

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pembawa Acara Upacara Bahasa Inggris di SMK VIP Mamba'us Sholihin

Assalamu’alaikum Wr. Wb Untuk menunjang pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris, SMK VIP Mamba’us Sholihin , Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dijadikan sebagai alat pembelajaran untuk penunjang kegiatan ini. Dan Semoga dengan adanya Upacara dalam bahasa Arab dan Inggris, dapat membantu terwujudnya muliu dalam berbahasa. Amiin Ya Rabbal Alamiin. Upacara Pengibaran bendera, Hari Senin, Tanggal ……. Segera dimulai. Flag ceremony on Monday ….. ( month-date-year) will soon be started. 1.   Masing –masing pemimpin pasukan menyiapkan pasukannya. Every platoon leader preparing his troops. 2.   Pemimpin Upacara memasuki lapangan upacara. The commander of ceremony comes into ceremony yard. 3.   Penghormatan kepada pemimpin upacara. The general honour to the Commander of ceremony. 4.   Laporan masing-masing pemimpin pasukan kepada pemimpin upacara. Report every Platoon Leader to the master of ceremony. (Salute) Class One Ready Class T...

Teks Pembawa Acara Upacara Bahasa Arab di SMK VIP Mamba'us Sholihin

Assalamu’alaikum Wr. Wb Untuk menunjang pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris, SMK VIP Mamba’us Sholihin , Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dijadikan sebagai alat pembelajaran untuk penunjang kegiatan ini. Dan Semoga dengan adanya Upacara dalam bahasa Arab dan Inggris, dapat membantu terwujudnya muliu dalam berbahasa. Amiin Ya Rabbal Alamiin. سِّكًا ببسم الله الرحمن الرحيم، مَرَاسِيْمُ يومِ الإثنين، تاريخِ ... عام ... سيُبْدَأُ. 1.     .   أَعَدَّ قَوَّادُ الصفِ بِصُفوفِ كلٍ   Masing –masing pemimpin pasukan menyiapkan pasukannya. 2.       قَائدُ المراسيمِ يَدخُلُ إلى مَيْدَانِ الْمَرَاسِيْمِ Pemimpin Upacara memasuki lapangan upacara. 3.     اِحْتِرَامٌ عامٌ إِلى قَائِدِ الْمَرَاسِيْمِ تَحْتَ قِيَادَةِ قَائِدِ الصَّفِ اْلأَيْمَنِ Penghormatan kepada pemimpin upacara dipimpin oleh pemimpin pasukan paling kanan .  ) إِهْتَمُّوْا إِلَى الجَمِيع، إِلى قَائِدِ الْمَرَاسِيْمِ تَحِيَّة...