Langsung ke konten utama

AKSI NYATA 1 MERDEKA BELAJAR MODUL 1 KURIKULUM MERDEKA


Assalamu'alaikum Wr.Wb


Sering dengar atau membaca apa itu merdeka belajar? Merdeka belajar merupakan topik yang saat ini tengah diprogramkan oleh pemerintah dalam bidang pendidikan di Indonesia. Perubahan situasi, kondisi dan perkembangan teknologi begitu cepat membuat sistem pembelajaran yang ada sebelumnya juga harus berubah menyesuaikan dengan keadaan.

Dalam rangka pemulihan pembelajaran selama tahun 2020 – 2024, Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemenbudristek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan kurikulum konvesional sebelumnya menjadi Kurikulum Merdeka yang nantinya akan diberikan kepada satuan pendidikan. Kurikulum Merdeka akan digunakan untuk seluruh satuan Pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK,   Pendidikan Khusus, dan Kesetaraan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mencanangkan sebuah program yang mendukung proses belajar mandiri siswa yaitu Merdeka Belajar. Program merdeka belajar merupakan program yang mengupayakan proses belajar siswa secara merdeka atau bebas sesuai dengan minat dan karakter mereka. Guru sekarang ini tidak lagi berperan untuk menjalankan kurikulum saja, namun menjadi penghubung antara kurikulum dan minat siswa.

Menurut Ki Hadjar Dewantara mengenai tujuan dari pendidikan nasional, pengajaran adalah suatu cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin. Pendidik tidak dapat menentukan dan berkehendak akan hidup dan tumbuhnya murid, yang bisa pendidik lakukan adalah menuntun tumbuh atau hidupnya. dengan mengerahkan segala daya upaya untuk memajukan perkembangan budi pekerti, pikiran, dan jasmaninya, agar dapat memperbaiki perilakunya bukan dasar hidup dan tumbuhnya.

Pendidikan tidak hanya bentuk pengajaran yang memberikan pengetahuan kepada murid, tetapi juga mendidik ketrampilan berpikir, mengembangkan kecerdasan batin dan pada akhirnya murid dapat melancarkan hidup untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan.

Lalu apa itu kurikulum merdeka? Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaaran intrakulikuler yang beragam, dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Inilah yang membedakan kurikulum merdeka belajar dengan kurikulum sebelumnya. Dalam kurikulum merdeka belajar, guru terbantukan dalam memilih berbagai perangkat ajar untuk menyesuaikan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Pada program kurikulum merdeka ini, sekolah, guru, maupun murid sama-sama bebas berinovasi untuk meningkatkan kualitas belajar, belajar mandiri, serta kreatif. Merdeka Belajar merupakan konsep pengembangan Pendidikan dimana seluruh pemangku kepentingan diharapkan menjadi agen perubahan (agen of change). Para pemangku kepentingan tersebut meliputi :

  • Keluarga

Dukungan dari orang tua merupakan salah satu kunci keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka. Orang tua bisa menjadi teman dan mendampingi belajar bagi anak. Memahami kompetensi yang perlu dicapai anak pada fasenya. Orang tua dapat pula mempelajari buku-buku teks yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka melalui buku.kemdikbud.go.id

  • Guru

Guru adalah sebagai perencana, pelaksana, dan pengembang kurikulum bagi kelasnya. Sekalipun ia tidak mencetuskan sendiri konsep-konsep tentang kurikulum, guru merupakan penerjemah kurikulum. Dia yang mengolah, meramu kembali kurikulum dari pusat untuk disajikan dikelasnya. Peran guru dalam perspektif merdeka belajar yaitu:

    1. Memandang anak dengan rasa hormat
    2. Mendidik secara holistic
    3. Mendidik secara relevan/kontekstual
  • Institusi Pendidikan

Peran Institusi Pendidikan di tingkat pusat dalam pengembangan kurikulum adalah menyusun dasar-dasar hukum, menyusun kerangka dasar serta program inti kurikulum (sukmadinata, 2004). Kerangaka dasar dan program inti tersebut akan menentukan minimum course yang dituntut. Atas dasar kerangka dasar dan program inti tersebut para administrator daerah dan administrator lokal mengembangkan kurikulum sekolah bagi daerahnya sesuai dengan kebutuhan daerah.

  • Masyarakat

Berkaitan dengan peran masyarakat dalam Pendidikan  dalam UU No. 20/2005 Sikdiknas pasal 54 tentang Peran serta masyarakat dalam Pendidikan menyebutkan :

    • Peran serta masyarakat dalam Pendidikan meliputi peran serta perorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, pengusaha, dan organisasi kemasyarakatan dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pelayanan Pendidikan.
    • Masyarakat dapat berperan serta sebagai sumber, pelaksana, dan pengguna hasil Pendidikan.
    • Ketentuan mengenai peran serta masyarakat sebagaimana maksud dalam ayat ayat (1) dan (2) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.

Sekiranya sekian yang bisa saya sampaikan dari artikel “Merdeka Belajar” semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Minta tolong untuk mengisi respond nya di link berikut 

https://forms.gle/LRvCoq7fiwbMfJZi9


Komentar

  1. informasi yang di berikan sangat membantu karena ini merupakan hal baru yang ada di dunia pendidikan, dan mungkin bisa di sebarkan lebih banyak lagi tentang merdeka belajar dan bagaimana kurikulum ini di laksanakan secara mendetail, terima kasih

    BalasHapus
  2. Semoga dengan adanya kurikulum merdeka ini, generasi muda semakin terbuka wawasannya dalam segi pendidikan. Dan dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan negara kedepannya. Aaamiin

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Insha Allah dengan adanya kurikulum terbaru ini bisa di praktekkan dan di edukasi terus terimakasih kak

    BalasHapus
  5. Pembahasan yang menarik dari berbagai aspek dalam perspektif pendidikan, yang menjadi harapan dengan adanya kurikulum ini bisa menjadi batu loncatan untuk kemajuan dunia pendidikan di indonesia, jazakumullah khoiron

    BalasHapus
  6. Informasi bagus yang menambah wawasan mengenai kurikulum merdeka, mudah mudahan dgn adanya kurikulum merdeka dapat lebih membentuk karakter dan kepribadian anak dgn baik sesuai minat dan bakat mereka.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pembawa Acara Upacara Bahasa Inggris di SMK VIP Mamba'us Sholihin

Assalamu’alaikum Wr. Wb Untuk menunjang pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris, SMK VIP Mamba’us Sholihin , Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dijadikan sebagai alat pembelajaran untuk penunjang kegiatan ini. Dan Semoga dengan adanya Upacara dalam bahasa Arab dan Inggris, dapat membantu terwujudnya muliu dalam berbahasa. Amiin Ya Rabbal Alamiin. Upacara Pengibaran bendera, Hari Senin, Tanggal ……. Segera dimulai. Flag ceremony on Monday ….. ( month-date-year) will soon be started. 1.   Masing –masing pemimpin pasukan menyiapkan pasukannya. Every platoon leader preparing his troops. 2.   Pemimpin Upacara memasuki lapangan upacara. The commander of ceremony comes into ceremony yard. 3.   Penghormatan kepada pemimpin upacara. The general honour to the Commander of ceremony. 4.   Laporan masing-masing pemimpin pasukan kepada pemimpin upacara. Report every Platoon Leader to the master of ceremony. (Salute) Class One Ready Class T...

Teks Pembawa Acara Upacara Bahasa Arab di SMK VIP Mamba'us Sholihin

Assalamu’alaikum Wr. Wb Untuk menunjang pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris, SMK VIP Mamba’us Sholihin , Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dijadikan sebagai alat pembelajaran untuk penunjang kegiatan ini. Dan Semoga dengan adanya Upacara dalam bahasa Arab dan Inggris, dapat membantu terwujudnya muliu dalam berbahasa. Amiin Ya Rabbal Alamiin. سِّكًا ببسم الله الرحمن الرحيم، مَرَاسِيْمُ يومِ الإثنين، تاريخِ ... عام ... سيُبْدَأُ. 1.     .   أَعَدَّ قَوَّادُ الصفِ بِصُفوفِ كلٍ   Masing –masing pemimpin pasukan menyiapkan pasukannya. 2.       قَائدُ المراسيمِ يَدخُلُ إلى مَيْدَانِ الْمَرَاسِيْمِ Pemimpin Upacara memasuki lapangan upacara. 3.     اِحْتِرَامٌ عامٌ إِلى قَائِدِ الْمَرَاسِيْمِ تَحْتَ قِيَادَةِ قَائِدِ الصَّفِ اْلأَيْمَنِ Penghormatan kepada pemimpin upacara dipimpin oleh pemimpin pasukan paling kanan .  ) إِهْتَمُّوْا إِلَى الجَمِيع، إِلى قَائِدِ الْمَرَاسِيْمِ تَحِيَّة...

Isti'arah Murosyahah, Mujarodah, dan Muthlaqah

Makalah Balaghoh tentang isti’arah Murasyahah, isti’arah Mujarrodah, isti’arah Muthlaqoh Dosen        :  Ubaidillah M.Pd.I Disusun  Oleh: Nurul La e la Zahra         : 32-17- 0 4 7 Nurul Rizqi                  : 32- 15-021 Nisa Pundi Lestari       : 32-15-002 Fakultas Agama Islam UNIVERSITAS ISLAM JAKARTA 2017 M / 1439 H BAB I PENDAHULUAN A.       Kata Pengantar Al qur’an merupakan mukjizat terbesar bagi nabi Muhammad SAW kemukjizatannya terkandung pada aspek bahasa dan isinya. Dari aspek bahasa, al Qur’an mempunyai tingkat fashohah dan balaghah yang tinggi. Sedangkan dari aspek isi, pesan dan kandungan maknanya melampaui batas...