Langsung ke konten utama

Apakah Kurikulum 2013 itu? Apa perbedaan K-13 dengan KTSP? Mengapa harus K-13?


Assalamu'alaikum wr.wb
Kembali lagi, setelah sekian lama hilang tanpa jejak nih.. ckckck (Dikarenakan kehidupan nyata yang sagat padat, dan hati yang gundah gulana),hehehe...
Oke, kali ini, mimin akan nge post tentang Kurikulum terbaru , yaitu Kurikulum 2013.
Mungkin teman-teman masih bingung nih, Apa sih kurikulum 2013 itu? Mengapa harus kurikulum 2013? Apa perbedaan dengan KTSP ?
Nah, mari kita kupas bersama..
Kemarin, mimin mendapat kesempatan mengikuti BIMTEK (bimbingan teknis) Guru sasaran kurikulum 2013 Mapel Bahasa Inggris, di SMK Al-Asyariah Kab. Ciamis.
Banyak pengetahuan dan pengalaman yang alhamdulillah dapat mimin terima.




Kurikulum 2013 (K-13) adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah rintisan.
Pada tahun ajaran 2013/2014, tepatnya sekitar pertengahan tahun 2013, Kurikulum 2013 diimpelementasikan secara terbatas pada sekolah perintis, yakni pada kelas I dan IV untuk tingkat Sekolah Dasar, kelas VII untuk SMP, dan kelas X untuk jenjang SMA/SMK, sedangkan pada tahun 2014, Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Kelas I, II, IV, dan V sedangkan untuk SMP Kelas VII dan VIII dan SMA Kelas X dan XI. Jumlah sekolah yang menjadi sekolah perintis adalah sebanyak 6.326 sekolah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.


Kurikulum 2013 memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku. Di dalam Kurikulum 2013, terutama di dalam materi pembelajaran terdapat materi yang dirampingkan dan materi yang ditambahkan. Materi yang dirampingkan terlihat ada di materi Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, dsb., sedangkan materi yang ditambahkan adalah materi Matematika.


Materi pelajaran tersebut (terutama Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) disesuaikan dengan materi pembelajaran standar Internasional (seperti PISA dan TIMSS) sehingga pemerintah berharap dapat menyeimbangkan pendidikan di dalam negeri dengan pendidikan di luar negeri.


Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan (pada waktu itu), nomor 60 tahun 2014 tanggal 11 Desember 2014, pelaksanaan Kurikulum 2013 dihentikan dan sekolah-sekolah untuk sementara kembali menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, kecuali bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang sudah melaksanakannya selama 3 (tiga) semester, satuan pendidikan usia dini, dan satuan pendidikan khusus.


Beberapa tahun lalu, kurikulum ini sudah pernah di terapkan dibeberapa sekolah, tapi yang masih menerapkannya selama 2 semester (1 Tahun) diminta untuk kembali menggunakan KTSP.


Beberapa aspek yang terkandung dalam kurikulum 2013 tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Pengetahuan
Untuk aspek pengetahuan pada kurikulum 2013, masih serupa dengan aspek di kurikulum yang sebelumnya, yakni masih pada penekanan pada tingkat pemahaman siswa dalam hal pelajaran. Nilai dari aspek pengetahuan bisa diperolehjuga  dari Ulangan Harian, Ujian Tengah/Akhir Semester, dan Ujian Kenaikan Kelas. Pada kurikulum 2013 tersebut, pengetahuan bukanlah aspek utama seperti pada kurikulum-kurikulum yang dilaksanakan sebelumnya.
2. Keterampilan
Keterampilan merupakan aspek baru yang dimasukkan dalam kurikulum di Indonesia. Keterampilan merupakan upaya penekanan pada bidang skill atau kemampuan. Misalnya adalah kemampuan untuk mengemukakan opini pendapat, berdiksusi/bermusyawarah, membuat berkas laporan, serta melakukan presentasi. Aspek Keterampilansendiri  merupakan salah satu aspek yang cukup penting karena jika hanya dengan pengetahuan, maka siswa tidak akan dapat menyalurkan pengetahuan yang dimiliki sehingga hanya menjadi teori semata.
3. Sikap
Aspek sikap tersebut merupakan aspek tersulit untuk dilakukan penilaian. Sikap meliputi perangai sopan santun, adab dalam belajar, sosial, absensi,dan agama. Kesulitan penilaian dalam aspek ini banyak disebabkan karena guru tidak setiap saat mampu mengawasi siswa-siswinya. Sehingga penilaian yang dilakukan tidak begitu efektif.
Penilaian sikap, hanya diperuntukan untuk Guru Mapel PAI dan PKN. selebihnya, guru hanya menilai pengetahuan dan keterampilan siswa-siswi.


Berikut ini adalah perbedaan antara Kurikulum 2013 dengan KTSP
No
Kurikulum 2013
KTSP
1
SKL (Standar Kompetensi Lulusan) ditentukan terlebih dahulu, melalui Permendikbud No 54 Tahun 2013. Setelah itu baru ditentukan Standar Isi, yang bebentuk Kerangka Dasar Kurikulum, yang dituangkan dalam Permendikbud No 67, 68, 69, dan 70 Tahun 2013
Standar Isi ditentukan terlebih dahulu melaui Permendiknas No 22 Tahun 2006. Setelah itu ditentukan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) melalui Permendiknas No 23 Tahun 2006
2
Aspek kompetensi lulusan ada keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan
lebih menekankan pada aspek pengetahuan
3
di jenjang SD Tematik Terpadu untuk kelas I-VI
di jenjang SD Tematik Terpadu untuk kelas I-III
4
Jumlah jam pelajaran per minggu lebih banyak dan jumlah mata pelajaran lebih sedikit dibanding KTSP
Jumlah jam pelajaran lebih sedikit dan jumlah mata pelajaran lebih banyak dibanding Kurikulum 2013
5
Proses pembelajaran setiap tema di jenjang SD dan semua mata pelajaran di jenjang SMP/SMA/SMK dilakukan dengan pendekatan ilmiah (saintific approach), yaitu standar proses dalam pembelajaran terdiri dari Mengamati, Menanya, Mengolah, Menyajikan, Menyimpulkan, dan Mencipta.
Standar proses dalam pembelajaran terdiri dari Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi
6
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bukan sebagai mata pelajaran, melainkan sebagai media pembelajaran
TIK sebagai mata pelajaran
7
Standar penilaian menggunakan penilaian otentik, yaitu mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.
Penilaiannya lebih dominan pada aspek pengetahuan
8
Pramuka menjadi ekstrakuler wajib
Pramuka bukan ekstrakurikuler wajib
9
Pemintan (Penjurusan) mulai kelas X untuk jenjang SMA/MA
Penjurusan mulai kelas XI
10
BK lebih menekankan mengembangkan potensi siswa
BK lebih pada menyelesaikan masalah siswa


Mengapa harus Kurikulum 2013 ?
Konsep yang diterapkan K-13 adalah tematik, yaitu penggabungan mata pelajaran yang satu dengan lainya. Mata pelajaran yang semulanya berjumlah 12 kini menjadi 10 mata pelajaran. Pengurangan ini dimaksudkan untuk memperingan anak, dengan keringanan ini anak diharapkan dapat memaksimalkan setiap mata pelajaran. Ada pula pelajaran TIK menjadi media semua mata pelajaran, adanya hal ini guru dituntut agar bisa menggunakan perangkat pembelajaran. Pembelajaran tidak hanya dilaksanakan di dalam kelas sehingga anak dapat mengeksplorasi kemampuannya. Serta sikap tidak hanya diajarkan secara verbal melainkan guru memberi teladan.
Polemik kurikulum 2013 memang sedang gencar-gencarnya diperbincangkan. Kurikulum 2013 bukanlah sesuatu yang baru melainkan konsep yang disajikan dalam kurikulum ini pernah diterapakan di kurikulum sebelum-sebelumnya. Melihat dari anggaran yang dikucurkan untuk merealisasaikan kurikulum baru ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Seperti uji publik yang dilakukan di beberapa sekolah, buku-buku pedoman atau buku paket, dan pengembangan kualitas guru. Dengan pengembangan itu guru dibekali dengan metode dan pendekatan yang mengarah pada keaktifan dan pemusatkan pembelajaran murid. Guru dituntut secara profesional untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 ini supaya berhasil sesuai dengan harapan. Semuanya ini membutuhkan pendanaan yang tak terbilang sedikit serta memperhatikan efektivitas serta efisiensi pembaharuan kurikulum.
Mungkin dengan adanya kurikulum 2013 akan menjadi salah satu upaya perbaikan pendidikan di Indonesia, bukankah lebih baik mengevaluasi kesalahan masa lalu untuk perbaikan kedepannya ? Belajarlah dari kegagalan karena kegagalan guru terbaik kita. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pembawa Acara Upacara Bahasa Inggris di SMK VIP Mamba'us Sholihin

Assalamu’alaikum Wr. Wb Untuk menunjang pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris, SMK VIP Mamba’us Sholihin , Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dijadikan sebagai alat pembelajaran untuk penunjang kegiatan ini. Dan Semoga dengan adanya Upacara dalam bahasa Arab dan Inggris, dapat membantu terwujudnya muliu dalam berbahasa. Amiin Ya Rabbal Alamiin. Upacara Pengibaran bendera, Hari Senin, Tanggal ……. Segera dimulai. Flag ceremony on Monday ….. ( month-date-year) will soon be started. 1.   Masing –masing pemimpin pasukan menyiapkan pasukannya. Every platoon leader preparing his troops. 2.   Pemimpin Upacara memasuki lapangan upacara. The commander of ceremony comes into ceremony yard. 3.   Penghormatan kepada pemimpin upacara. The general honour to the Commander of ceremony. 4.   Laporan masing-masing pemimpin pasukan kepada pemimpin upacara. Report every Platoon Leader to the master of ceremony. (Salute) Class One Ready Class T...

Teks Pembawa Acara Upacara Bahasa Arab di SMK VIP Mamba'us Sholihin

Assalamu’alaikum Wr. Wb Untuk menunjang pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris, SMK VIP Mamba’us Sholihin , Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dijadikan sebagai alat pembelajaran untuk penunjang kegiatan ini. Dan Semoga dengan adanya Upacara dalam bahasa Arab dan Inggris, dapat membantu terwujudnya muliu dalam berbahasa. Amiin Ya Rabbal Alamiin. سِّكًا ببسم الله الرحمن الرحيم، مَرَاسِيْمُ يومِ الإثنين، تاريخِ ... عام ... سيُبْدَأُ. 1.     .   أَعَدَّ قَوَّادُ الصفِ بِصُفوفِ كلٍ   Masing –masing pemimpin pasukan menyiapkan pasukannya. 2.       قَائدُ المراسيمِ يَدخُلُ إلى مَيْدَانِ الْمَرَاسِيْمِ Pemimpin Upacara memasuki lapangan upacara. 3.     اِحْتِرَامٌ عامٌ إِلى قَائِدِ الْمَرَاسِيْمِ تَحْتَ قِيَادَةِ قَائِدِ الصَّفِ اْلأَيْمَنِ Penghormatan kepada pemimpin upacara dipimpin oleh pemimpin pasukan paling kanan .  ) إِهْتَمُّوْا إِلَى الجَمِيع، إِلى قَائِدِ الْمَرَاسِيْمِ تَحِيَّة...

Isti'arah Murosyahah, Mujarodah, dan Muthlaqah

Makalah Balaghoh tentang isti’arah Murasyahah, isti’arah Mujarrodah, isti’arah Muthlaqoh Dosen        :  Ubaidillah M.Pd.I Disusun  Oleh: Nurul La e la Zahra         : 32-17- 0 4 7 Nurul Rizqi                  : 32- 15-021 Nisa Pundi Lestari       : 32-15-002 Fakultas Agama Islam UNIVERSITAS ISLAM JAKARTA 2017 M / 1439 H BAB I PENDAHULUAN A.       Kata Pengantar Al qur’an merupakan mukjizat terbesar bagi nabi Muhammad SAW kemukjizatannya terkandung pada aspek bahasa dan isinya. Dari aspek bahasa, al Qur’an mempunyai tingkat fashohah dan balaghah yang tinggi. Sedangkan dari aspek isi, pesan dan kandungan maknanya melampaui batas...