Langsung ke konten utama

RPP K-13 Naskah Teks Naratif dalam legenda rakyat sederhana

Assalamu'alaikum wr.wb
Hay, ketemu lagi di post-an kedua ku hari ini. Mumpung lagi rajin, hahaha..
Sebenarnya, ini lanjutan dari post pertama tadi. masih tentang Kurikulum 2013. setelah kita memahami dengan jelas apa itu kurikulum 2013, maka sekarang kita belajar bersama untuk membuat RPP untuk kelas X SMK. Teks naratif dalam legenda rakyat sederhana berada dalam KD 3 dari KI 3.9 dan KD 4 dari KI 4.9.
Cuss... ke RPP, Semoga Bermanfaat !!
NB : aku juga lampirin video pembelajaran. tapi maaf banget, endingnya kurang sesuai sama naskah nya. di naskah, Malin Kundang dikutuk di tengah laut, tapi di video pembelajaran, endingnya ada di pasar tradisional. (kekurangan bahan rekomendasi)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah     : SMK VIP Mamba’us Sholihin
Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris
Komp. Keahlian    : Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
Kelas/Semester   : X / 1
Tahun Pelajaran   : 2017/2018
Alokasi Waktu     : 45 Menit x 3 JP

A.       Kompetensi Inti
1.      KI 3     : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
2.      KI 4     Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait legenda rakyat.


C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2  Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya yang diwujudkan dalam semangat belajar.
3.8.1 Peserta didik dapat menjelaskan legenda   rakyat sederhana.
3.8.2 Peserta didik dapat membedakan legenda dan mitos.
3.8.4 Peserta didik dapat mengurutkan struktur teks naratif.
3.8.5 Peserta didik dapat menganalisis karakter, watak tokoh, setting di dalam legenda rakyat sederhana.
2.
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait legenda rakyat.
4.8.1 Peserta didik dapat mendemonstrasikan teks naratif lisan dan tulis sederhana di hadapan siswa siswi lainnya dengan berani.
4.8.2 Menjelaskan perbedaan teks naratif lisan dan tulis sederhana terkait legenda rakya dengan berani.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik mampu menjelaskan pengertian legenda dengan benar
2.      Peserta didik mampu membedakan legenda dan mitos dengan teliti.
3.      Peserta didik mampu mengurutkan struktur teks naratif dengan benar.
4.      Peserta didik mampu menganalisis karakter, watak tokoh, setting di dalam legenda rakyat sederhana dengan teliti.

5.      MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi Sosial      : Berbakti Kepada Orang Tua , Peringatan untuk anak yang durhaka kepada orang tua , dan Cinta orang tuanya.

Structure Texts          :
1. .    Pengenalan tokoh dan setting.
2. .    Komplikasi terhadap tokoh utama.
3.    Solusi dan akhir cerita.

Unsur Kebahasaan :
a.    Kata-kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda.
b.    Modal auxiliary verbs.
c.    Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
d.    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
e.    Rujukan kata.

Topik      : Narrative Text in  Legend of Malin Kundang

6.      MODEL/METODE PEMBELAJARAN
a.      Pendekatan  pembelajaran : Pendekatan  saintifik
b.      Model pembelajaran          : Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
c.      Metode pembelajaran        :
a)      Pemberian rangsangan (Stimulation);
b)      Pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement);
c)      Pengumpulan data (Data Collection);
d)     Pembuktian (Verification), dan
e)      Menarik simpulan/generalisasi (Generalization).


7.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a.       CD / DVD / Flash Disk
b.      Proyektor 
c.       Text Narative
d.      Internet



8.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan (15 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
1. Guru menyampaikan salam dan selanjutnya  peserta didik menjawab.
2. Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a sebelum memulai pelajaran.
3.  Guru mengecek kehadiran peserta didik dan  menanyakan kesiapan dalam mengikuti pembelajaran.
4.      Guru menyampaikan  informasi cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
6.      Guru menyampaikan rancangan penilaian.
7.      Guru menyampaikan rubrik penilaian
8.      Guru memberikan pretest untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami.
  Kegiatan inti (100 menit)
Observe
Teacher
Student
Guru menampilkan video legenda Malin Kundang.





1.      Siswa menyimak video yang diperlihatkan oleh  guru.
2.      Siswa membaca dan memahami teks naratif yang di berikan guru.
3.      Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
4.      Siswa mengamati pesan moral dari cerita legenda.
5.      Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks narrative yang telah ditayangkan.
Questio88ning
Teacher
Student
  Guru memberi umpan agar murid bertanya tentang hal yang belum di mengerti.
 Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks narrative yang telah di perlihatkan.
Mengumpulkan Informasi
Teacher
Student
  Guru meminta murid untuk membaca dan memahami teks naratif dan mencari informasi tentang perbedaan antara legenda dan mitos.
1.      Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu.
2.      Siswa mendiskusikan perbedaan antara legenda dan mitos.


Associating
Teacher
Student
Guru meminta murid untuk membuat kelompok dan berdiskusi untuk mendalami  memahami teks naratif lisan dan tulis yang berada dalam cerita legenda.
1.      Secara berpasangan siswa  menganalisis beberapa teks dari narrative yang telah ditayangkan dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
2.      Siswa dapat mengemukakan pengertian, jenis, struktur dan contoh Narrative Text.
3.      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Communicating
Teacher
Student
Guru meminta murid untuk mengulangi cerita berdasarkan video secara singkat di depan kelas.


1.      Siswa menceritakan kembali legenda sederhana secara singkat yang telah ditayangkan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
2.      Siswa mempresentasikan hasil analisa perbedaan legenda dan mitos.
Penutup (20 menit)
Penutup
1.   Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
2.   Penugasan.
3.   Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang.

H.      Penilaian                                                         
KISI-KISI DAN SOAL

Bidang Keahlian         : Teknologi dan Rekayasa
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan   beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya (C2)
1.  Menjelaskan pengertian legenda

2.  Membedakan legenda dan mitos (C2)

3.  Mengurutkan struktur teks naratif. (C3)

4.  Menganalisis karakter, watak tokoh, setting di dalam legenda rakyat sederhana. (C4)


·      Definisi Legenda.
·      Perbedaan Mitos dan Legenda
·      Struktur Teks Naratif
·      Teks Naratif berbentuk Legenda Rakyat Sederhana.

1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian legenda

2.      Disajikan contoh Mitos , siswa dapat  membedakan legenda dan Mitos (C2)

3.      Disajikan teks naratif,siswa dapat mengurutkan struktur teks naratif (C3)

4.      Disediakan informasi hasil pencarian dari internet, siswa dapat menganalisis karakter, watak tokoh, setting di dalam legenda rakyat sederhana. (C4)
PG

Uraian

PG

PG



1

2


3


4



5

Program Keahlian       : Teknik Otomotif


Kompetensi Keahlian  : Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi Dasar       : 3.8. Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
                                       4.8. Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait legenda rakyat

a.      Penilaian Pengetahuan




Instrumen Soal Pengetahuan :

No
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
What is  The Legend ? The Legend is …..
a.   A short story, typically with animals as characters, conveying a moral.
b.   A magazine containing sequences of comic strips – usually hyphenated in attributive use.
c.   A traditional story sometimes popularly regarded as historical but unauthenticated.
d.  A fictitious prose narrative of book length, typically representing character and action with some degree of realism.
e.   A form of literature that uses aesthetic and rhythmic qualities of language.
Kunci Jawaban:  C.
The Legend is A traditional story sometimes popularly regarded as historical but unauthenticated.


2
How does a myth differ from a Legend ?
Myths propagate from our faculty of REASON and eventually gave rise to the discipline of science. Legends are associated with our faculty of MEMORY and gave rise to the discipline of history.
Skor 4 : Jika jawaban lenkap dan benar
Skor 3 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
Skor 2 :Jika jawaban lengkap tetapi tidak tepat
Skor 1 : Jika jawaban salah
3
Mention  Generic Structure of Narrative Text !
a.     Orintation – Complication – Evaluation – Resulation – Reorientation
b.     Orintation – Complication – Evaluation – Resulation
c.     Complication – Evaluation – Resulation
d.     Evaluation – Resulation – Reorientation
e.     Reorientation – Complication – Orintation – Resulation
The  Generic Structure of Narrative Text is :
Orientation : It is about the opening paragraph where the characters of the story are introduced.(berisi pengenalan tokoh, tempat dan waktu terjadinya cerita (siapa atau apa, kapan dan dimana)
Complication : Where the problems in the story developed. (Permasalahan muncul / mulai terjadi dan berkembang)
Evaluation   : contained about the value of story or conflict.
Resolution : Where the problems in the story is solved. Masalah selesai, --- secara baik   "happy ending" ataupun buruk "bad ending".
Reorintation : Conclusion from the story.

4
What is Malin Kundang character ?
a.       Obedient
b.      Rebellious
c.       Honest
d.      Charitable
e.       Responsible
Kunci Jawaban : B

a.       Rebellious











b.      Penilaian Keterampilan
Kompetensi Dasar
Materi Bahasan
Indikator
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal
4.10 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait legenda rakyat (P2)
·      Definisi Teks Naratif
·      Jenis-jenis Teks Naratif
·      Teks Naratif berbentuk Legenda rakyat sederhana

1.      Mendemonstrasikan   teks naratif lisan dan tulis.
2.      Menunjukan mana teks naratif lisan dan tulis.
1.   Siswa dapat mendemonstrasikan teks naratif dan tulis.
2.   Siswa dapat menunjukan mana teks naratif lisan dan tulis.
Tes Praktek

1



 Soal Keterampilan :
Look for narrative text shaped a legend. Then, read the text and understand the story. After that, demonstrate the narrative text from legend.
No
Komponen/Sub Komponen Penilaian
Indikator
Skor
1
Persiapan Kerja
a. Penggunaan alat dan bahan
Penggunaan alat dan bahan sesuai prosedur
91 – 100
Penggunaan alat dan bahan kurang sesuai prosedur
80 – 90
Penggunaan alat dan bahan tidak sesuai prosedur
70 - 79
b. Ketersediaan alat dan bahan
Ketersediaan alat dan bahan lengkap
91 - 100
Ketersediaan alat dan bahan cukup lengkap
80 - 90
Ketersediaan alat dan bahan kurang lengkap
70 - 79
2
Proses dan Hasil Kerja

a. Kemampuan mendemonstrasikan teks narrative.
Kemampuan mendemonstrasikan teks narrative tinggi
91 - 100
Kemampuan mendemonstrasikan teks narrative cukup
80 - 90
Kemampuan mendemonstrasikan teks narrative kurang
70 - 79
b. Kemampuan menunjukan teks narrative lisan dan tulis.
menunjukan teks narrative lisan dan tulis tinggi
91 - 100
menunjukan teks narrative lisan dan tulis cukup
80 - 90
menunjukan teks narrative lisan dan tulis kurang
70 - 79
c. Kelengkapan informasi
Informasi yang dicari lengkap
91 - 100
Informasi yang dicari cukup lengkap
80 - 90
Informasi yang dicari kurang lengkap
70 - 79
d. Ketepatan informasi
Infomasi yang dicari tepat
91 - 100
Infomasi yang dicari cukup tepat
80 - 90
Infomasi yang dicari kurang tepat
70 - 79
e. Hasil pencarian informasi
Hasil pencarian informasi disusun rapih
91 - 100
Hasil pencarian informasi disusun cukup rapih
80 - 90
Hasil pencarian informasi disusun kurang rapih
70 - 79
3
Sikap kerja

a. Keterampilan dalam bekerja
Bekerja dengan terampil
91 -100
Bekerja dengan cukup terampil
80 - 90
Bekerja dengan kurang terampil
70 - 79
b. Kedisiplinan dalam bekerja
Bekerja dengan disiplin
91 - 100
Bekerja dengan cukup disiplin
80 - 90
Bekerja dengan kurang disiplin
70 - 79
c. Tanggung jawab dalam bekerja
Bertanggung jawab
91 - 100
Cukup bertanggung jawab
80 - 90
Kurang bertanggung jawab
70 - 79
d.  Konsentrasi dalam bekerja
Bekerja dengan konsentrasi
91 - 100
Bekerja dengan cukup konsentrasi
80 - 90
Bekerja dengan kurang konsentrasi
70 - 79
4
Waktu

 Penyelesaian pekerjaan
Selesai sebelum waktu berakhir
91 - 100
Selesai tepat waktu
80 - 90
Selesai setelah waktu berakhir
70 - 79






Pengolahan Nilai Keterampilan :


Nilai Praktik (NP)

Persiapan
Proses dan Hasil Kerja
Sikap Kerja
Waktu
∑ NK

1
2
3
5
6
Skor Perolehan





Skor Maksimal




Bobot
10%
60%
20%
10%
NK





Keterangan:
·      Skor Perolehan merupakan penjumlahan skor per komponen penilaian
·      Skor Maksimal merupakan skor maksimal per komponen penilaian
·      Bobot diisi dengan persentase setiap komponen. Besarnya persentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik kompetensi keahlian. Total bobot untuk komponen penilaian adalah 100
·      NK = Nilai Komponen merupakan perkalian dari skor perolehan dengan bobot dibagi skor maksimal


·      NP = Nilai Praktik merupakan penjumlahan dari NK





Mengetahui
Kepala SMK VIP Mamba’us Sholihin


Kun Habibah,S.Pd.I
Ciamis, 15 Juni 2017
Guru Mata Pelajaran,



Nurul Laela Zahra










Lampiran


Narrative Text Malin Kundang
Once Upon a time, lived a diligent boy named Malin Kundang. He lived in the seashore with his mother. They were very poor, but they lived quiet and harmonious.
One day, a big ship closed to the beach near their village. They asked peoples to join work in their ship and went to the cross island. Malin Kundang wanted to join with them because he wanted to improve his family’s life. But his mother didn’t permit him. She worried to Malin. Malin still kept his argument… and finally he sailed with the bigship.Several years later, Malin Kundang succed and he became rich trader. Then, he came to his native village with his beatiful wife, but his wife didn’t know Malin’s real descent. His happy mother quickly approached Malin and brought a plate of village cake, Malin’s Favorite. But Malin didn’t admit that woman as his poor mother, and then he kicked the village cakewhich brought by his mother until scattered.
His mother very broken heart because MAlin rebellious to her, who had growth him. Then, his mother cursed Malin became stone.Suddenly, the bigship which Malin’s had was vacillated by a big storm and all of his crewman tossed aside out. Malin realized that was his fault that rebellious his mother. He bowed down and became a stone.










Artinya :
Orientasi
Pada jaman dahulu kala, hidup seorang anak rajin bernama Malin Kundang. Dia tinggal di pinggir pantai dengan ibunya. Mereka sangat miskin, tetapi mereka hidup tenang dan harmonis.
Komplikasi
Suatu hari, ada sebuah kapal besar tertutup untuk pantai dekat desa mereka. Mereka meminta masyarakat untuk bergabung bekerja di kapal mereka dan pergi ke salib pulau. Malin Kundang ingin bergabung dengan mereka karena ia ingin memperbaiki kehidupan keluarganya. Tapi ibunya tidak mengizinkan dia. Dia khawatir dengan Malin. Malin masih terus dengan tekadnya. dan akhirnya ia berlayar dengan kapal besar tersebut.
Beberapa tahun kemudian, Malin Kundang mengalami sukses dan ia menjadi pedagang kaya. Kemudian, ia datang ke desa asalnya dengan istri cantik, tapi istrinya tidak tahu yang sebenarnya keturunan Malin. Dengan senang ibunya cepat mendekati Malin dan membawa sepiring kue ,kue kesukaan Malin. Tapi Malin tidak mengakui bahwa perempuan itu sebagai ibu yang buruk itu sebagai ibunya, dan kemudian dia menendang kue yang dibawa oleh ibunya sampai tersebar.
Resolusi
Ibunya sangat patah hati karena Malin memberontak padanya, yang memiliki perubahan sangat cepat. Kemudian, ibunya mengutuk Malin menjadi batu. Tiba-tiba , kapal besar itu telah terombang-ambing oleh badai besar dan semua awak nya dicampakkan keluar. Malin menyadari bahwa ini adalah kesalahan yang memberontak ibunya. Kini dia berlutut dan menjadi batu.



Komentar

  1. Terima kasih sekali karena anda telah mempublikasikan contoh RPP K.D. 3.8 yang jarang sekali dipublikasikan kepada masyarakat. Terima kasih lagi...

    BalasHapus
  2. Sangat membantu.. terimakasih banyak💖

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pembawa Acara Upacara Bahasa Inggris di SMK VIP Mamba'us Sholihin

Assalamu’alaikum Wr. Wb Untuk menunjang pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris, SMK VIP Mamba’us Sholihin , Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dijadikan sebagai alat pembelajaran untuk penunjang kegiatan ini. Dan Semoga dengan adanya Upacara dalam bahasa Arab dan Inggris, dapat membantu terwujudnya muliu dalam berbahasa. Amiin Ya Rabbal Alamiin. Upacara Pengibaran bendera, Hari Senin, Tanggal ……. Segera dimulai. Flag ceremony on Monday ….. ( month-date-year) will soon be started. 1.   Masing –masing pemimpin pasukan menyiapkan pasukannya. Every platoon leader preparing his troops. 2.   Pemimpin Upacara memasuki lapangan upacara. The commander of ceremony comes into ceremony yard. 3.   Penghormatan kepada pemimpin upacara. The general honour to the Commander of ceremony. 4.   Laporan masing-masing pemimpin pasukan kepada pemimpin upacara. Report every Platoon Leader to the master of ceremony. (Salute) Class One Ready Class T...

Teks Pembawa Acara Upacara Bahasa Arab di SMK VIP Mamba'us Sholihin

Assalamu’alaikum Wr. Wb Untuk menunjang pembiasaan Bahasa Arab dan Inggris, SMK VIP Mamba’us Sholihin , Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dijadikan sebagai alat pembelajaran untuk penunjang kegiatan ini. Dan Semoga dengan adanya Upacara dalam bahasa Arab dan Inggris, dapat membantu terwujudnya muliu dalam berbahasa. Amiin Ya Rabbal Alamiin. سِّكًا ببسم الله الرحمن الرحيم، مَرَاسِيْمُ يومِ الإثنين، تاريخِ ... عام ... سيُبْدَأُ. 1.     .   أَعَدَّ قَوَّادُ الصفِ بِصُفوفِ كلٍ   Masing –masing pemimpin pasukan menyiapkan pasukannya. 2.       قَائدُ المراسيمِ يَدخُلُ إلى مَيْدَانِ الْمَرَاسِيْمِ Pemimpin Upacara memasuki lapangan upacara. 3.     اِحْتِرَامٌ عامٌ إِلى قَائِدِ الْمَرَاسِيْمِ تَحْتَ قِيَادَةِ قَائِدِ الصَّفِ اْلأَيْمَنِ Penghormatan kepada pemimpin upacara dipimpin oleh pemimpin pasukan paling kanan .  ) إِهْتَمُّوْا إِلَى الجَمِيع، إِلى قَائِدِ الْمَرَاسِيْمِ تَحِيَّة...

Isti'arah Murosyahah, Mujarodah, dan Muthlaqah

Makalah Balaghoh tentang isti’arah Murasyahah, isti’arah Mujarrodah, isti’arah Muthlaqoh Dosen        :  Ubaidillah M.Pd.I Disusun  Oleh: Nurul La e la Zahra         : 32-17- 0 4 7 Nurul Rizqi                  : 32- 15-021 Nisa Pundi Lestari       : 32-15-002 Fakultas Agama Islam UNIVERSITAS ISLAM JAKARTA 2017 M / 1439 H BAB I PENDAHULUAN A.       Kata Pengantar Al qur’an merupakan mukjizat terbesar bagi nabi Muhammad SAW kemukjizatannya terkandung pada aspek bahasa dan isinya. Dari aspek bahasa, al Qur’an mempunyai tingkat fashohah dan balaghah yang tinggi. Sedangkan dari aspek isi, pesan dan kandungan maknanya melampaui batas...