Assalamu'alaikum wr.wb
Hay, ketemu lagi di post-an kedua ku hari ini. Mumpung lagi rajin,
hahaha..
Sebenarnya, ini lanjutan dari post pertama tadi. masih tentang
Kurikulum 2013. setelah kita memahami dengan jelas apa itu kurikulum 2013, maka
sekarang kita belajar bersama untuk membuat RPP untuk kelas X SMK. Teks naratif
dalam legenda rakyat sederhana berada dalam KD 3 dari KI 3.9 dan KD 4 dari KI
4.9.
Cuss... ke RPP, Semoga Bermanfaat !!
NB : aku juga lampirin video pembelajaran. tapi maaf banget, endingnya kurang sesuai sama naskah nya. di naskah, Malin Kundang dikutuk di tengah laut, tapi di video pembelajaran, endingnya ada di pasar tradisional. (kekurangan bahan rekomendasi)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK VIP Mamba’us Sholihin
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Komp.
Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
Kelas/Semester : X / 1
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 45 Menit x 3 JP
A. Kompetensi
Inti
1. KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
2. KI 4 : Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis
sederhana terkait legenda rakyat.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2 Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan
dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
3.8 Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
3.8.1 Peserta didik dapat menjelaskan legenda rakyat sederhana.
3.8.2 Peserta didik
dapat membedakan legenda dan mitos.
3.8.4 Peserta didik
dapat mengurutkan struktur teks naratif.
3.8.5 Peserta didik
dapat menganalisis karakter, watak tokoh, setting di dalam legenda rakyat
sederhana.
|
2.
|
4.8 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait
legenda rakyat.
|
4.8.1
Peserta didik dapat mendemonstrasikan teks naratif lisan dan tulis
sederhana di hadapan siswa siswi lainnya dengan berani.
4.8.2
Menjelaskan perbedaan teks naratif lisan dan tulis sederhana terkait
legenda rakya dengan berani.
|
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta
didik mampu menjelaskan pengertian legenda dengan benar
2. Peserta
didik mampu membedakan legenda dan mitos dengan teliti.
3. Peserta
didik mampu mengurutkan struktur teks naratif dengan benar.
4. Peserta didik mampu
menganalisis karakter, watak tokoh, setting di dalam legenda rakyat sederhana
dengan teliti.
5. MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi Sosial : Berbakti Kepada
Orang Tua , Peringatan untuk anak yang durhaka kepada orang tua , dan Cinta
orang tuanya.
Structure Texts :
1. . Pengenalan tokoh dan setting.
2. . Komplikasi terhadap tokoh utama.
3. Solusi dan akhir cerita.
Unsur Kebahasaan :
a. Kata-kata
terkait karakter, watak, dan setting dalam legenda.
b. Modal auxiliary verbs.
c. Ejaan dan tulisan tangan dan
cetak yang jelas dan rapi.
d. Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ketika mempresentasikan secara lisan.
e. Rujukan kata.
Topik : Narrative
Text in Legend of Malin Kundang
6. MODEL/METODE PEMBELAJARAN
a. Pendekatan pembelajaran
: Pendekatan saintifik
b. Model
pembelajaran : Pembelajaran
Penemuan (Discovery Learning)
c. Metode
pembelajaran :
a) Pemberian rangsangan (Stimulation);
b) Pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement);
c) Pengumpulan data (Data Collection);
d) Pembuktian (Verification), dan
e) Menarik simpulan/generalisasi (Generalization).
7. Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
a. CD / DVD / Flash Disk
b. Proyektor
c. Text Narative
d. Internet
8. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
(15 menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam
tegur sapa
|
1. Guru menyampaikan salam dan
selanjutnya peserta didik menjawab.
2. Guru meminta ketua kelas untuk memimpin do’a sebelum memulai pelajaran.
3. Guru mengecek kehadiran
peserta didik dan menanyakan kesiapan dalam mengikuti pembelajaran.
4. Guru
menyampaikan informasi cakupan materi pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Guru
menyampaikan rancangan penilaian.
7. Guru menyampaikan rubrik penilaian
8. Guru
memberikan pretest untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami.
|
Kegiatan
inti (100 menit)
|
|
Observe
|
|
Teacher
|
Student
|
Guru menampilkan video legenda
Malin Kundang.
|
1. Siswa menyimak video yang diperlihatkan
oleh guru.
2. Siswa
membaca dan memahami teks naratif yang di berikan guru.
3. Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
4. Siswa mengamati pesan moral dari cerita legenda.
5. Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi
tertentu dari teks narrative yang telah ditayangkan.
|
Questio88ning
|
|
Teacher
|
Student
|
Guru memberi umpan agar murid bertanya tentang hal yang belum di mengerti.
|
Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi
tertentu dari teks narrative yang telah di perlihatkan.
|
Mengumpulkan
Informasi
|
|
Teacher
|
Student
|
Guru meminta murid untuk membaca dan memahami teks naratif dan
mencari informasi tentang perbedaan antara legenda dan mitos.
|
1. Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi
tertentu.
2. Siswa
mendiskusikan perbedaan antara legenda dan mitos.
|
Associating
|
|
Teacher
|
Student
|
Guru meminta murid untuk membuat kelompok dan
berdiskusi untuk mendalami memahami teks naratif lisan dan tulis
yang berada dalam cerita legenda.
|
1. Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks dari
narrative yang telah ditayangkan dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.
2. Siswa
dapat mengemukakan pengertian, jenis, struktur dan contoh Narrative
Text.
3. Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
|
Communicating
|
|
Teacher
|
Student
|
Guru meminta murid untuk mengulangi cerita berdasarkan video secara singkat di depan kelas.
|
1. Siswa menceritakan
kembali legenda sederhana secara
singkat yang
telah ditayangkan dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
2. Siswa
mempresentasikan hasil analisa perbedaan legenda dan mitos.
|
Penutup
(20 menit)
|
|
Penutup
|
1. Menyimpulkan
hal-hal yang telah dipelajari.
2. Penugasan.
3. Menyampaikan
rencana kegiatan yang akan datang.
|
H. Penilaian
KISI-KISI DAN SOAL
Bidang
Keahlian : Teknologi dan
Rekayasa
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
3.8 Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks
naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda
rakyat sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya (C2)
|
1. Menjelaskan
pengertian legenda
2. Membedakan
legenda dan mitos (C2)
3. Mengurutkan
struktur teks naratif. (C3)
4. Menganalisis
karakter, watak tokoh, setting di dalam legenda rakyat sederhana. (C4)
|
· Definisi
Legenda.
· Perbedaan
Mitos dan Legenda
· Struktur
Teks Naratif
· Teks
Naratif berbentuk Legenda Rakyat Sederhana.
|
1. Siswa dapat
menjelaskan pengertian legenda
2. Disajikan contoh
Mitos , siswa dapat membedakan legenda dan Mitos (C2)
3. Disajikan teks
naratif,siswa dapat mengurutkan struktur teks naratif (C3)
4. Disediakan
informasi hasil pencarian dari internet, siswa
dapat menganalisis karakter, watak tokoh, setting di dalam legenda
rakyat sederhana. (C4)
|
PG
Uraian
PG
PG
|
1
2
3
4
5
|
Program Keahlian : Teknik
Otomotif
Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi
Dasar : 3.8. Membedakan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana, sesuai
dengan konteks penggunaannya
4.8.
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait
legenda rakyat
a. Penilaian
Pengetahuan
Instrumen
Soal Pengetahuan :
No
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
What
is The Legend ? The Legend is …..
a. A short story, typically with animals
as characters, conveying a moral.
b. A magazine containing sequences of
comic strips – usually hyphenated in attributive use.
c. A traditional story sometimes
popularly regarded as historical but unauthenticated.
d. A fictitious prose narrative of book length, typically
representing character and action with some degree of realism.
e. A form of literature that uses
aesthetic and rhythmic qualities of language.
|
Kunci
Jawaban: C.
The
Legend is A traditional story sometimes popularly regarded as historical but
unauthenticated.
|
|
2
|
How
does a myth differ from a Legend ?
|
Myths propagate from our faculty of REASON and
eventually gave rise to the discipline of science. Legends are associated
with our faculty of MEMORY and gave rise to the discipline of history.
|
Skor
4 : Jika jawaban lenkap dan benar
Skor
3 : Jika jawaban benar tetapi tidak lengkap
Skor
2 :Jika jawaban lengkap tetapi tidak tepat
Skor
1 : Jika jawaban salah
|
3
|
Mention Generic Structure of Narrative Text !
a. Orintation –
Complication – Evaluation – Resulation – Reorientation
b. Orintation –
Complication – Evaluation – Resulation
c. Complication –
Evaluation – Resulation
d. Evaluation –
Resulation – Reorientation
e. Reorientation –
Complication – Orintation – Resulation
|
The Generic Structure of Narrative Text is :
Orientation :
It is about the opening paragraph where the characters of the story are
introduced.(berisi pengenalan tokoh, tempat dan waktu terjadinya cerita
(siapa atau apa, kapan dan dimana)
Complication : Where the problems in the story developed. (Permasalahan muncul / mulai terjadi dan berkembang)
Evaluation : contained
about the value of story or conflict.
Resolution : Where the problems in the story is solved. Masalah selesai, --- secara baik "happy ending" ataupun buruk "bad ending".
Reorintation : Conclusion
from the story.
|
|
4
|
What is Malin
Kundang character ?
a. Obedient
b. Rebellious
c. Honest
d. Charitable
e. Responsible
|
Kunci Jawaban : B
a. Rebellious
|
b. Penilaian
Keterampilan
Kompetensi Dasar
|
Materi Bahasan
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
4.10
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait
legenda rakyat (P2)
|
· Definisi
Teks Naratif
· Jenis-jenis
Teks Naratif
· Teks
Naratif berbentuk Legenda rakyat sederhana
|
1. Mendemonstrasikan
teks naratif lisan dan tulis.
2. Menunjukan mana
teks naratif lisan dan tulis.
|
1. Siswa dapat
mendemonstrasikan teks naratif dan tulis.
2. Siswa dapat menunjukan
mana teks naratif lisan dan tulis.
|
Tes Praktek
|
1
|
Soal Keterampilan :
Look for narrative text shaped a legend. Then, read the text and
understand the story. After that, demonstrate the narrative text from legend.
No
|
Komponen/Sub
Komponen Penilaian
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Persiapan Kerja
|
||
a. Penggunaan alat dan bahan
|
Penggunaan alat dan bahan sesuai prosedur
|
91 – 100
|
|
Penggunaan alat dan bahan kurang sesuai prosedur
|
80 – 90
|
||
Penggunaan alat dan bahan tidak sesuai prosedur
|
70 - 79
|
||
b. Ketersediaan alat dan bahan
|
Ketersediaan alat dan bahan lengkap
|
91 - 100
|
|
Ketersediaan alat dan bahan cukup lengkap
|
80 - 90
|
||
Ketersediaan alat dan bahan kurang lengkap
|
70 - 79
|
||
2
|
Proses dan Hasil Kerja
|
||
a. Kemampuan mendemonstrasikan
teks narrative.
|
Kemampuan mendemonstrasikan teks narrative tinggi
|
91 - 100
|
|
Kemampuan mendemonstrasikan teks narrative cukup
|
80 - 90
|
||
Kemampuan mendemonstrasikan teks narrative kurang
|
70 - 79
|
||
b. Kemampuan menunjukan teks
narrative lisan dan tulis.
|
menunjukan teks narrative lisan dan
tulis tinggi
|
91 - 100
|
|
menunjukan teks narrative lisan dan
tulis cukup
|
80 - 90
|
||
menunjukan teks narrative lisan dan
tulis kurang
|
70 - 79
|
||
c. Kelengkapan informasi
|
Informasi yang dicari lengkap
|
91 - 100
|
|
Informasi yang dicari cukup lengkap
|
80 - 90
|
||
Informasi yang dicari kurang lengkap
|
70 - 79
|
||
d. Ketepatan informasi
|
Infomasi yang dicari tepat
|
91 - 100
|
|
Infomasi yang dicari cukup tepat
|
80 - 90
|
||
Infomasi yang dicari kurang tepat
|
70 - 79
|
||
e. Hasil pencarian informasi
|
Hasil pencarian informasi disusun rapih
|
91 - 100
|
|
Hasil pencarian informasi disusun cukup rapih
|
80 - 90
|
||
Hasil pencarian informasi disusun kurang rapih
|
70 - 79
|
||
3
|
Sikap kerja
|
||
a. Keterampilan dalam bekerja
|
Bekerja dengan terampil
|
91 -100
|
|
Bekerja dengan cukup terampil
|
80 - 90
|
||
Bekerja dengan kurang terampil
|
70 - 79
|
||
b. Kedisiplinan dalam bekerja
|
Bekerja dengan disiplin
|
91 - 100
|
|
Bekerja dengan cukup disiplin
|
80 - 90
|
||
Bekerja dengan kurang disiplin
|
70 - 79
|
||
c. Tanggung jawab dalam bekerja
|
Bertanggung jawab
|
91 - 100
|
|
Cukup bertanggung jawab
|
80 - 90
|
||
Kurang bertanggung jawab
|
70 - 79
|
||
d. Konsentrasi dalam bekerja
|
Bekerja dengan konsentrasi
|
91 - 100
|
|
Bekerja dengan cukup konsentrasi
|
80 - 90
|
||
Bekerja dengan kurang konsentrasi
|
70 - 79
|
||
4
|
Waktu
|
||
Penyelesaian pekerjaan
|
Selesai sebelum waktu berakhir
|
91 - 100
|
|
Selesai tepat waktu
|
80 - 90
|
||
Selesai setelah waktu berakhir
|
70 - 79
|
Pengolahan
Nilai Keterampilan :
Nilai Praktik (NP)
|
|||||
Persiapan
|
Proses dan Hasil Kerja
|
Sikap Kerja
|
Waktu
|
∑ NK
|
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
|
Skor Perolehan
|
|||||
Skor Maksimal
|
|||||
Bobot
|
10%
|
60%
|
20%
|
10%
|
|
NK
|
Keterangan:
· Skor
Perolehan merupakan penjumlahan skor per komponen penilaian
· Skor
Maksimal merupakan skor maksimal per komponen penilaian
· Bobot diisi
dengan persentase setiap komponen. Besarnya persentase dari setiap komponen
ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik kompetensi keahlian. Total
bobot untuk komponen penilaian adalah 100
· NK =
Nilai Komponen merupakan perkalian
dari skor perolehan dengan bobot dibagi skor maksimal
· NP = Nilai
Praktik merupakan penjumlahan dari NK
Mengetahui
Kepala SMK VIP Mamba’us Sholihin
Kun Habibah,S.Pd.I
|
Ciamis, 15 Juni 2017
Guru Mata Pelajaran,
Nurul Laela Zahra
|
Lampiran
Narrative Text Malin
Kundang
Once Upon a time, lived a diligent boy named Malin Kundang. He
lived in the seashore with his mother. They were very poor, but they lived
quiet and harmonious.
One day, a big ship closed to the beach near their village. They
asked peoples to join work in their ship and went to the cross island. Malin
Kundang wanted to join with them because he wanted to improve his family’s
life. But his mother didn’t permit him. She worried to Malin. Malin still kept
his argument… and finally he sailed with the bigship.Several years later, Malin
Kundang succed and he became rich trader. Then, he came to his native village
with his beatiful wife, but his wife didn’t know Malin’s real descent. His happy
mother quickly approached Malin and brought a plate of village cake, Malin’s
Favorite. But Malin didn’t admit that woman as his poor mother, and then he
kicked the village cakewhich brought by his mother until scattered.
His mother very broken
heart because MAlin rebellious to her, who had growth him. Then, his mother
cursed Malin became stone.Suddenly, the bigship which Malin’s had was
vacillated by a big storm and all of his crewman tossed aside out. Malin
realized that was his fault that rebellious his mother. He bowed down and
became a stone.
Artinya :
Orientasi
Pada jaman dahulu kala, hidup seorang anak rajin bernama Malin Kundang. Dia tinggal di pinggir pantai dengan ibunya. Mereka sangat miskin, tetapi mereka hidup tenang dan harmonis.
Pada jaman dahulu kala, hidup seorang anak rajin bernama Malin Kundang. Dia tinggal di pinggir pantai dengan ibunya. Mereka sangat miskin, tetapi mereka hidup tenang dan harmonis.
Komplikasi
Suatu hari, ada sebuah kapal besar tertutup untuk pantai dekat desa mereka. Mereka meminta masyarakat untuk bergabung bekerja di kapal mereka dan pergi ke salib pulau. Malin Kundang ingin bergabung dengan mereka karena ia ingin memperbaiki kehidupan keluarganya. Tapi ibunya tidak mengizinkan dia. Dia khawatir dengan Malin. Malin masih terus dengan tekadnya. dan akhirnya ia berlayar dengan kapal besar tersebut.
Beberapa tahun kemudian, Malin Kundang mengalami sukses dan ia menjadi pedagang kaya. Kemudian, ia datang ke desa asalnya dengan istri cantik, tapi istrinya tidak tahu yang sebenarnya keturunan Malin. Dengan senang ibunya cepat mendekati Malin dan membawa sepiring kue ,kue kesukaan Malin. Tapi Malin tidak mengakui bahwa perempuan itu sebagai ibu yang buruk itu sebagai ibunya, dan kemudian dia menendang kue yang dibawa oleh ibunya sampai tersebar.
Suatu hari, ada sebuah kapal besar tertutup untuk pantai dekat desa mereka. Mereka meminta masyarakat untuk bergabung bekerja di kapal mereka dan pergi ke salib pulau. Malin Kundang ingin bergabung dengan mereka karena ia ingin memperbaiki kehidupan keluarganya. Tapi ibunya tidak mengizinkan dia. Dia khawatir dengan Malin. Malin masih terus dengan tekadnya. dan akhirnya ia berlayar dengan kapal besar tersebut.
Beberapa tahun kemudian, Malin Kundang mengalami sukses dan ia menjadi pedagang kaya. Kemudian, ia datang ke desa asalnya dengan istri cantik, tapi istrinya tidak tahu yang sebenarnya keturunan Malin. Dengan senang ibunya cepat mendekati Malin dan membawa sepiring kue ,kue kesukaan Malin. Tapi Malin tidak mengakui bahwa perempuan itu sebagai ibu yang buruk itu sebagai ibunya, dan kemudian dia menendang kue yang dibawa oleh ibunya sampai tersebar.
Resolusi
Ibunya sangat patah hati karena Malin memberontak padanya, yang memiliki perubahan sangat cepat. Kemudian, ibunya mengutuk Malin menjadi batu. Tiba-tiba , kapal besar itu telah terombang-ambing oleh badai besar dan semua awak nya dicampakkan keluar. Malin menyadari bahwa ini adalah kesalahan yang memberontak ibunya. Kini dia berlutut dan menjadi batu.
Ibunya sangat patah hati karena Malin memberontak padanya, yang memiliki perubahan sangat cepat. Kemudian, ibunya mengutuk Malin menjadi batu. Tiba-tiba , kapal besar itu telah terombang-ambing oleh badai besar dan semua awak nya dicampakkan keluar. Malin menyadari bahwa ini adalah kesalahan yang memberontak ibunya. Kini dia berlutut dan menjadi batu.
Terima kasih sekali karena anda telah mempublikasikan contoh RPP K.D. 3.8 yang jarang sekali dipublikasikan kepada masyarakat. Terima kasih lagi...
BalasHapusSangat membantu.. terimakasih banyak💖
BalasHapus